Notice: Function _load_textdomain_just_in_time was called incorrectly. Translation loading for the health-check domain was triggered too early. This is usually an indicator for some code in the plugin or theme running too early. Translations should be loaded at the init action or later. Please see Debugging in WordPress for more information. (This message was added in version 6.7.0.) in /home/u1806477/public_html/wp-includes/functions.php on line 6121
KEGIATAN P5 KELAS X UPT SMAN 7 WAJO | KAMIS, 24 APRIL 2025 - UPT SMA NEGERI 7 WAJO
Info Sekolah
Thursday, 10 Jul 2025
  • SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UPT SMA NEGERI 7 WAJO | TAHUN PELAJARAN 2024-2025

KEGIATAN P5 KELAS X UPT SMAN 7 WAJO | KAMIS, 24 APRIL 2025

Diterbitkan : - Kategori : Gerakan Guru Penggerak Smanet Wajo

KEGIATAN P5 KELAS X UPT SMAN 7 WAJO | KAMIS, 24 APRIL 2025

cendana – Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu program unggulan dalam Kurikulum Merdeka. P5 dirancang untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya unggul secara akademik, tetapi juga memiliki karakter kuat dan nilai-nilai kebangsaan yang kokoh. Di kelas 11, kegiatan P5 menjadi wadah yang sangat tepat untuk mengasah kemampuan siswa dalam berpikir kritis, berkolaborasi, serta bertindak sesuai nilai-nilai Pancasila.

Salah satu tema P5 yang kami jalankan adalah “Gaya Hidup Berkelanjutan”. Dalam proyek ini, kami diajak untuk mengenal lebih dalam tentang pentingnya menjaga lingkungan, mengurangi sampah plastik, serta menerapkan pola hidup sehat dan hemat energi. Melalui diskusi kelompok, observasi lingkungan sekitar sekolah, dan aksi nyata berupa kampanye dan penanaman tanaman, kami belajar bahwa perubahan besar bisa dimulai dari langkah kecil.

Yang menarik dari kegiatan ini bukan hanya hasil akhirnya, tetapi proses yang kami jalani bersama. Kami belajar menyampaikan ide dengan percaya diri, mendengarkan pendapat orang lain, dan bekerja sama dengan siswa dari kelas lain. Guru hanya menjadi fasilitator, memberi ruang bagi kami untuk mengeksplorasi dan menemukan solusi kreatif atas masalah yang kami hadapi.

Selain itu, kegiatan P5 juga membantu kami memahami nilai-nilai Pancasila secara lebih konkret. Misalnya, gotong royong dan kerja sama mencerminkan sila ketiga, “Persatuan Indonesia”. Ketika kami melakukan refleksi di akhir proyek, banyak dari kami yang merasa lebih peduli terhadap lingkungan dan lebih menghargai kerja tim.

Dampak dari kegiatan P5 terasa bukan hanya saat proyek berlangsung, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Banyak siswa yang mulai membawa botol minum sendiri, mengurangi jajan dengan plastik sekali pakai, dan menjaga kebersihan kelas dengan lebih sadar. Ini membuktikan bahwa pendidikan karakter melalui P5 benar-benar memberi pengaruh nyata.

Penutup

Kegiatan P5 di kelas 11 telah menjadi pengalaman belajar yang bermakna. Dengan pendekatan berbasis proyek, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga langsung mempraktikkan nilai-nilai yang diajarkan. Kami berharap kegiatan seperti ini terus dikembangkan agar lebih banyak siswa menjadi generasi yang tangguh, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar